Install Android-X86

Danlot bahan bahannya:

Minitool partition wizard
Unetbootin
File android-x86.ISO

Steps:

– Partisi hard disk laptop dengan software partition. Untuk proses ini saya menggunakan minitool partition wizard home edition. Softwarenya bisa di danlot di……

http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html

– Partisi hard disk untuk menginstall android x86. temen – temen bebas menentukan kapasitas partisi yang akan digunakan. Untuk proses ini saya set partisinya sebesar 128.85 GB, dan masih sangat longgar sekali. Maklum pengalaman pertama, lebih baik lebih daripada kurang. Dan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, langsung set partisi tersebut dalam bentuk format ext3.

Proses instalasi bisa dilakukan dengan dua cara, dengan USB flashdisk ato burning image dengan CD ato DVD. Untuk lebih efisien dan gampang, saya menggunakan USB flashdik untuk proses ini. So far, saya sudah mencoba install android froyo, gingerbread, honeycomb dan ICS. Ada beberapa kendala ketika menggunakan froyo dan gingerbread, seperti tidak adanya market, dan tidak bisa menginstall aplikasi. Jadi pure Cuma bisa digunakan untuk browsing (menggunakan koneksi wifi dari laptop). Dan ketika mencoba installing ICS, laptop jadi error karena partisi ext3 tidak terbaca. Tapi jangan khawatir. Laptop bisa normal kembali jika temen – temen install lagi dengan android x86 versi gingerbread atau honeycomb. Dan sejauh yang saya alami, versi android yang nyaman digunakan adalah honeycomb. Karena di versi ini android market bisa berjalan dengan normal, dan aplikasi terinstall dengan baik, padahal di situs http://www.android-x86.org/ terpampang keterangan bahwa menggunakan android x86 tidak bisa menggunakan android market (http://www.android-x86.org/documents/apphowto). Dan cara menginstall aplikasinya adalah dengan mengeset third party pada laptop dengan cara mengallow unknown source pada setting/application. Jadi silahkan temen temen danlot android x86 versi honeycomb.

Pilih file ISO di kolom Android-x86-3.2-RC2 dan pilih file android-x86-3.2-RC2-asus_laptop.iso di …..

http://www.android-x86.org/download

setelah terdanlot,

– Buka unetbootin (bisa danlot di http://www.softpedia.com/progDownload/UNetbootin-Download-108876.html), pilih file ISO dan dan posisi flashdisk temen temen.

– Klik OK. Tunggu sampai proses selesai, dan pilih reboot now. Proses reboot ini, temen temen langsung masuk ke BIOS, untuk mengatur USB flashdisk sebagai primary boot. Setelah itu save changes dan reboot.

Temen temen bisa running android x86 tanpa instalasi, akan tetapi temen temen tidak bisa menginstall aplikasi apapun. Jadi saya lebih suka menginstallnya langsung ke dalam hard disk.

– Setelah proses mengeset primary boot, dan mereboot laptop, akan ada beberapa pilihan. Silahkan pilih install android x86 ke hard disk. System akan memproses. Lalu muncul pilihan ke partisi mana android x86 akan diinstall. Silahkan pilih partisi yang sudah diformat ke ext3 tadi, dan format lagi ke ext3 sesuai perintah. System akan memproses.

– Proses berikutnya, ikuti perintah untuk menginstall GRUB bootloader di laptop.

– Ikuti lagi perintah untuk menginstall opsi booting booting ke windows. System akan memprosesnya

– Buat fake SDcard untuk tempat file di laptop.

– Reboot.

– Masuk bios lagi, rubah primary boot ke hard disk…

– Reboot dan cabut flashdisk….

Apabila laptop yang temen temen gunakan bukan produk ASUS, akan ada warning bahwa laptop yang temen temen gunakan bukan ASUS Product. Tapi so far, tidak ada kendala dengan itu.

Tunggu sampai proses reboot selesai dan honeycomb on laptop siap digunakan. Ada 2 bug yang pasti, yaitu camera dan Bluetooth yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Aplikasi messenger seperti whats app juga tidak bisa terinstall karena si whats app tidak bisa mengenali device yang digunakan.

Proses instalasi ini berdasarkan pada apa yang sudah saya alami, dan tidak menutup kemungkinan, instalasi pada laptop lain, proses dan hasilnya bisa saja berbeda. So, apapun resikonya tanggung sendiri sendiri ya…

1 Comment

  1. klo bukan laptop asus apa bisa jalan juga osnya?? gue pakai pentium 3 dan hanya bisa boot dr hardisk pakai grub4dos.. uda bisa boot file iso.nya cuma keluar error unable to read superblock ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s