CARA LENGKAP & MUDAH UPGRADE GINGERBREAD SAMSUNG GALAXY MINI

Update Samsung Galaxy Mini Android Gingerbread – Bagi para pengguna android terutama para pengguna yang masih awam sekali tentang android, kali ini saya akan berbagi sedikit tips. Yups tips tersebut adalah cara update android froyo 3.2 menjadi android terbaru untuk smartphone yaitu Gingerbread 2.3.4, update android bulan juni lho… jadi masih fresh banget, heheehe. Ok, karena saya prakteknya menggunakan android dari produk smarthphone Samsung galaxy mini maka tutorialnya berjudul “Update Samsung Galaxy Mini ke Android Gingerbread“.

android battery Update Samsung Galaxy Mini Android Gingerbread

Persiapan yang harus anda punya yaitu:

1. Komputer pc atau laptop dengan OS Windows XP atau diatasnya (win vista, win 7)

2. Install Netframework 2.0 atau di atasnya

3. Instal Samsung USB Driver

http://www*4shared*com/get/EPpQt8X2/Samsung_USB_Driver.html

instal d pc

4. Kabel USB yang bisa menghubungkan Samsung Galaxy mini anda dengan PC/Laptop

Jika Keperluan mendasar di atas sudah terpenuhi maka saatnya mempersiapkan persiapan kedua,. ok untuk persiapan kedua ini yang harus kita siapkan adalah Firmware atau update dari OS android gingerbread terbaru yaitu versi 2.3.4 yang bisa di download di sini

https://www.facebook.com/groups/forumandroidindonesia/doc/289173614458003/

password: samfirmware.com atau sampro.pl

Sesudah file firmware selesai di download masih ada aplikasi lagi yang ukuranya sangat kecil tapi ampuh untuk upgrade android. Ok langsung download ODIN di sini

http://www.megaupload.com/?d=3FU5KU98

Jika sudah selesai maka sekarang saatnya kita melakukan upgrade

LANGKAH PERTAMA FLASHING:

CARA 1 TANPA ONE PACKAGE:

1. Siapkan diri anda dan berdo’a.

2. Pastikan Smartphone sobat memiliki cadangan batrai sekitar 50%.

3. Lepaskan kartu SIM dan Memory External HP sobat.

4. Extract file update android tadi “S5570XXKPI_SERKPI_XXKPI.rar”

5. Buka ODIN yang sudah di download tadi maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

galaxy+mini+2.3.3+gingerbread+flashing+1 Update Samsung Galaxy Mini Android Gingerbread

6. Klik menu OPS dan arahkan ke arah folder hasil extrakan update Android tadi yaitu TASS 1.0.ops jika dalam extrakan tadi tidak ditemukan maka bisa di download di sini file opsnya.

http://www.mediafire.com/?zwbl765kelwk7bk

selanjutnya langkah yang sama yaitu:

klik tombol BOOT dan pilih file bernama :

APBOOT_S5570XXKPI_CL260130_REV02_user_low_true.tar.md5

klik tombol PHONE dan pilih file bernamae:

MODEM_S5570XXKPI_CL260130_REV02.tar.md5

klik tombol PDA dan pilih file bernama:

CODE_S5570XXKPI_CL260130_REV02_user_low_true.tar.md5

klik tombol CSC dan pilih file bernama:

CSC_S5570SERKPI_CL260130_REV02_user_low_true.tar.md5

lihat gambar dibawah ini:

5570+2.3.4+xxkpi+flashing Update Samsung Galaxy Mini Android Gingerbread

7. Matikan Samsung Galaxy Mini sobat dan jadikan ke mode download dengan menekan tombol ( Volume bawah + Ok + Tombol Power) seperti gambar dibawah :

Samsung+Galaxy+Mini+Download+mode+3 buttons Update Samsung Galaxy Mini Android Gingerbread

8. Setelah Handphone dalam mode download dan port device ODIN berwarna kuning seperti gambar langkah 6 di pojok kiri. Maka klik tombol “START”

9. Maka proses akan segera dimulai, Update ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit sampai muncul tanda “PASS” berwarna biru di ODIN.

Ok, jika sudah mencapai tahap tersebut berarti update sobat sudah selesai… selamat menikmati tampilan update Android Gingerbread 2.3.4 yang lebih soft, kecepatan lebih ok dan batray yang lebih tahan lama.

CARA 2 ONE PACKAGE:

1. Buka Odin Multi Downloader

2. Pada Select OPS, klik tombol OPS dan pilih file OPSnya (TASS_v1.0.ops)

3. Klik centang One Package.

3. Add File Firmware samsung galaxy mini yang sudah di download dari samfirmware.com. Dalam contoh ini saya memakai firmware Ginggerbread 2.3.4 (S5570XXKPK_S5570XXKPK_S5570SERKPK_HOME.tar). Sebelumnya di extrak dulu, lalu di compress lagi dengan software compressor, extensi file harus *.tar.

4. Matikan si galaxy mini. Ga perlu dijelasin caranya gimana kan?! -_-

5. Reboot galaxy mini ke Download Mode. Caranya: Tekan tombol Power, Volume Down, dan OK secara bersamaan; selama beberapa detik hingga muncul gambar robot android yang sedang mencangkul (Download Mode)

6. Sambungkan galaxy mini ke komputer dengan menggunakan kabel data, hingga galaxy mini terdeteksi di Odin Multi Downloader (muncul di COM Port Mapping). Berikut ini contoh gambar sebagai tanda bahwa si galaxy mini sudah tersambung dan terdeteksi Odin :

7. Klik Tombol Start. Tunggu hingga proses flashing/upgrade selesai. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 menit.

Tanda bahwa proses flashing sudah selesai adalah: galaxy mini sudah booting sementara di odin muncul tulisan PASS.

Kalo prosesnya tertahan (stagnant) di tengah jalan, silakan close odin, cabut batre galaxy mini, lalu ulangi proses flashing.

Jika tidak error Alhamdulillah, artinya proses upgrade sudah selesai. Silakan nikmati android ginggerbread kamu di galaxy mini .

Rekomendasi setelah proses upgrade selesai adalah bersihkan sisa-sisa data os sebelumnya. Caranya: masuk ke Recovery mode dengan menekan tombol power dan home secara bersamaan selama beberapa detik. di dalam recovery mode, gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol home untuk OK. pilih wipe data dan wipe cache secara bergantian. Kemudian reboot.

LANGKAH KEDUA INSTAL CLOCKWORKMOD (CWM)

http://www.mediafire.com/?3b75ulraebm42bl

1. buka odin

2. ubah si mini ke download mode(volumedown+tomboltengah+tomboloff)secara bersamaan

3.buka odin,abis itu colokin si mini lalu ceklis yg onepackage

4. isi TASS_v1.0.ops

5. setelah di isi centang dulu one package di sebelah kiri

5. masukin tass recovery yg td udah di download ke one package,jangan di extract,biarin extensinya tetep .zip, klik START tunggu sampai reboot ndiri

LANGKAH KETIGA instal custom rom:

1. download custom rom terserah agan

https://www.facebook.com/groups/forumandroidindonesia/doc/289173954457969/

2. buka CWM (matiin hp lalu tekan tombol on+home di tahan)

3. pilih wipe data/reset & wipe cache partition (tombol volume untuk cursor ke atas/bawah, tombol home(ok))

4. pilih install zip from sd lalu pilih choose zip from sdcard, cari file custom rom tadi lalu klik ok, klik yes-install bla bla bla…. lalu klik ok

5. tunggu sampai hh agan proses instal, setelah selesai klik reboot now

LANGKAH TERAKHIR PARTISI SD CARD & AKTIFKAN A2SDGUI DARKTREMOR:

ikuti tutorial partisi sd card disini

https://www.facebook.com/groups/forumandroidindonesia/doc/286551358053562/

kalau sudah selesai buka aplikasi a2sdgui, klik yes pas loading,

centangin zipalign dulu

klik DALVIK pilih Dalvik Cache on SD-EXT lalu move rebuild,

ntar HH agan otomatis reboot ndiri, nah semua aplikasi dari internal otomatis dah tersimpan di sd card, gak perlu pindahin aplikasi satu2 ke sd card agan

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s